.:: SDN Kalibendo 01

.:: berbagi info untuk kemajuan bersama

Pangkalan Data Penjaminan Mutu Pendidikan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang disingkat PADAMU NEGERI merupakan Layanan Sistem Informasi Terpadu Online yang dibangun olehBadan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan – Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) dan bekerja sama dengan layanan SIAP Online Telkom Indonesia.
Program Padamu Negeri ini dibangun sebagai pusat layanan data berbasis web yang bersumber dari/ke sistem transaksional BPSMPK-PMP Kemdikbud lainnya, seperti Evaluasi Diri Sekolah (EDS),NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan), Sertifikasi PTK, dan juga Diklat PTK. Status NUPTK inilah yang nantinya akan menjadi syarat utama yang harus dimiliki oleh PTK untuk dapat mengikuti program-program dari Kementerian seperti: Uji Kompetensi PTK, Sertifikasi PTK, Diklat PTK, dan Aneka Tunjangan PTK lainnya.
Dan pada bulan Juni 2013 ini seluruh PTK se-Indonesia yang sudah mempunyai NUPTK diwajibkan untuk memutakhirkan datanya pada program PADAMU NEGERI ini. Langkah awal pemutakhiran data ini dimulai oleh PTK dengan mencari dan mengunduh masing-masing datanya pada situshttp://padamu.kemdikbud.go.id.
Hasil dari pencarian data PTK tersebut berupa formulir isian pemutakhiran data PTK yang setelah diisi dan dilengkapi lampiran-lampiran sesuai dari petunjuk pada formulir yang diunduh, lalu diserahkan kepada Admin/Operator Sekolah (bagi PTK yang mendapat form A01) atau kepada Dinas Kabupaten/Kota (bagi PTK yang mendapat form A02, A03, dan A04).
Bagi PTK yang mendapat form A01 dan setelah diserahkan lalu di-entry datanya oleh Admin Sekolah pada situs http://padamu.siap.web.id maka akan mendapatkan Surat Tanda Bukti VerVal Level-1yang isinya adalah User ID dan Kode Aktivasi bagi PTK untuk dapat melakukan proses selanjutnya hingga akhirnya status NUPTK dari PTK tersebut menjadi Permanen Aktif Periode 2013.
Berikut adalah cara Aktivasi dan Pembuatan Akun PTK Padamu Negeri
*klik pada gambar untuk memperbesar*:
Buka website http://padamu.siap.web.id kemudian pilih/klik “Aktivasi Akun PTK“.

Selanjutnya pada halaman http://aktivasi.siap.web.id/ptk silahkan Anda isi dengan NUPTK danKode Aktivasi yang telah anda miliki. Jangan lupa untuk dicek kembali karena kesalahan 1 karakter saja sistem akan menolaknya. Bila sudah benar silahkan klik “Lanjut”.

Pada halaman ini data awal Anda sudah terisi secara otomatis oleh sistem, maka tugas Anda selanjutnya adalah mengisi “Password/Kata Kunci” dan juga alamat “Email“. Pada keterangan di atas isian “Email alternatif” disana tertulis “dapat dikosongkan jika belum memiliki“, namun menurut hemat saya lebih baik Anda mengisinya, karena bila nanti Anda lupa password dari Akun PTK ini Anda bisa meresetnya pada alamat email tersebut.

Bila sebelumnya Anda telah mempunyai Akun SIAP Online silahkan ceklis dan isikan datanya, namun bila tidak hiraukan saja (jangan diceklis). Selanjutnya klik “Lanjut”.

Pada halaman ini ditampilkan konfirmasi isian data Anda. Jika pada data tersebut ada kesalahan/kekurangan, silahkan untuk memilih/klik “langkah sebelumnya“. Namun bila semua data sudah benar silahkan klik “Simpan“.

Dan Aktivasi PTK pun telah selesai, data yang ditampilkan pada halaman ini adalah Nama PTKNUPTK, dan Nama Sekolah Induk Anda. Langkah selanjutnya Anda klik “Login

Pada halaman padamu.siap.web.id ini selanjutnya Anda pilih/klik “Login PTK” dengan memasukkanNUPTK Anda dan password yang sebelumnya telah dibuat.

Jreng jreeng inilah halaman dasbor PTK Anda, status PTK Anda telah naik pangkat berbintang 2. Langkah selanjutnya Anda pilih “Cek Data” untuk melihat data dasar dari verval level 1 yang sebelumnya telah di-entry oleh Admin/Operator Sekolah Anda dari Form A01. Jika terdapat kesalahan pada data tersebut silahkan Anda menghubungi Admin Sekolah untuk memperbaikinya.

Karena belum Tanggal 17 Juni 2013 maka isian data selanjutnya (Data Rinci dan Angket EDS) belum aktif :D



Keterangan Status PTK:
   -VerVal NUPTK Lv. 1 sudah Valid
   -Akun Login PTK sudah Aktif
   -Data Diri dan EDS PTK sudah Lengkap
   -VerVal PTK Level 2 sudah Valid (Status Aktif 2013)

Source :www.notulis.com

Label: